Selasa, 12 Mei 2015

Ide Cara Mengetahui Potensi Terpendam

Sebelum membahas tentang potensi terpendam, kita harus tahu terlebih dahulu perbedaan antara bakat dan hobi. Hobi adalah kesenangan atau kegemaran melakukan sesuatu dan membuat anda senang melakukannya. Hobi sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, orang tua maupun teman. Bahkan hobi bisa berubah seiring perjalanan waktu. Misalkan jika dulu hobi musik, tapi sekarang bisa berubah menjadi hobi fotografi karena punya teman yang suka potografi misalnya.

Sedangkan bakat adalah potensi diri seseorang yang sudah ada sejak kita lahir, dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, sehingga bakat akan selalu ada sampai kapanpun. Pertanyaanya adalah apakah kita sudah tahu apa bakat atau potensi kita yang sesunguhnya? Jika sudah tahu, apkah bakat kita tersebut sudah dikembangkan secara maksimal? Bakat yang belum maksimal  atau bahkan belum muncul ke permukaan inilah yang disebut potensi diri yang terpendam.

Manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan masing masing berbeda setiap orang. Namun tak jarang kita justru sulit menemukan potensi utama yang terpendam dalam diri kita masing masing. Pengalaman ini saya alami sendiri ketika beberpa kali mencoba menemukan kelebihan apa sebenarnya yang saya miliki yang masih terpendam. Sebenarnya banyak sekali artikel yang membahas maslaah ini tapi metode yang digunakan tidak sama setiap individu. Saya mau berbagi pengalaman saya sendiri dan saat ini saya telah menemukan potensi diri saya yang sesunguhnya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan :

1. Bertanya kepada teman atau saudara tentang penilaian mereka terhadap kita

Dengan demikian, kita dapat mengukur seberapa besar minat teman teman anda dan bagaimana cara mereka menilai dan memandang anda. Hali ini dapat menjadi tolok ukur dimana letak kelebihan anda dan kekurangan anda.

2. Hal apa dalam keseharian kita yang paling banyak diminta bantuan oleh teman kita

Coba ingat ingat lagi masa lalu anda, apa saja yang sering anda lakukan untuk menolong teman anda. Apakah menolongnya dalam menyusun skripsi, mengajarinya program komputer, membuat web atau blog, atau hal lainnya? Coba buat daftar yang mana yang paling banyak anda lakukan kemungkinan besar itulah potensi atau bakat anda.

3. Hal apa yang membuat anda begitu tertarik untuk melakukannya dulu maupun sekarang

Sebagai contoh, jika semasa SD anda sangat gemar menulis atau mengarang cerita, atau anda pandai berbohong, dan sampai saat ini andapun masih sering melakukannya, maka kemungkinan besar itulah potensi terpendam anda. Jangan fokus pada 'bohongnya' ya hehe..tapi yang saya maksud adalah kemampuan anda mengolah kata kata baik, dalam bentuk lisan maupun tulisan.
. ( baca : Peluang Usaha Sesuai Hobi )

 4. Apa yang menjadi minat atau hobi, siapa tau dari minat ini atau hobi kita bisa menelusuri potensi kita

Misalkan anda hobi makan dan kebetulan juga suka memasak, nah tidak diragukan lagi bakat anda adalah di bidang kuliner ( baca : Ide Resep Masakan )

5. Hal apa yang biasa anda kerjakan berjam jam dan membuat anda senang melakukannya

Poin ini hampir sama dengan nomor 3, tapi bedanya disini hobi atau kesenangan anda yang paling menonjol.
Coba temukan dengan membuat daftar hobi hobi anda dan kategorikan dari yang tersering dilakukan sampai yang paling jarang, dan yang terlama sampai yang paling singkat.


6. Review Masa Lalu Anda dan Temukan 1 kelebihan utama anda

 Ini merupakan poin yang paling penting menurut penulis yaitu review masa lalu anda dan temukan 1 atau 2
 hal yang cukup sulit bagi orang lain tapi anda berhasil melakukannya contoh, misalkan waktu sma anda pernah memecahkan soal matematika yang sulit dimana semua teman anda tidak ada yang berhasil, walaupun untuk memecahkan soal tersebut anda harus bergadang semalaman misalnya, kemungkinan besar potensi diri anda adalah dalam hal berpikir.

Walau anda tidak termasuk kategori cerdas sepeerti einstein tapi karena kemampuan dan daya tahan pikiran anda maka anda mampu menggapai dan melakukan hal sulit sekalipun. Jika potensi terpendam anda adalah berpikir berarti anda cocok sekali jadi pengajar, guru les, ilmuan, dll.

Demikianlah artikel tentang potensi diri, semoga bermanfaat. Salam sukses luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

0 komentar:

Posting Komentar