Jumat, 08 Mei 2015

Tips BerhentiMerokok

Apakah sobat seorang perokok? Sudah berapa kali sobat mencoba berhenti dari kebiasaan buruk tersebut tapi belum membuahkan hasil? Banyak sekali tips yang bisa sobat dapatkan di internet, tapi belum tentu semuanya benar benar pernah mengalami kecanduan rokok seperti yang saya alami dulu dan mungkin juga sobat saat ini. Artikel saya ini sebagai bahan pertimbangan bagi siapapun ynag berniat mengalahkan yang namanya rokok. Berikut ini beberapa tips berhenti merokok seperti yang pernah dialami penulis dulu.

1. Berdoa

Kedengarannya sederhana yaitu berdoa tapi tidak semua orang ingat menyertakan doa dalam setiap usahanya. Jadi sebelum memulai usaha berhenti merokok berdoalah terlebih dahulu memohon bimbingan dan kekuatan-Nya.  Yakinlah apapun yang kita lakukan dengan sungguh sungguh dengan doa dan usaha , Tuhan tidak akan tinggal diam. Dari semua tips dan cara yang kita lakukan, hanya Tuhan yang sanggup memberikan hasil yang sesungguhnya. So, jangan lupa berdoa dulu.

2. Ganti rokok sobat dengam permen

Cara ini sepertinya sudah umum dilakukan oleh seorang perokok yang ingin berhenti dari kebiasaan merokoknya, tapi tidak ada salahnya dicoba siapa tahu berhasil bagi sobat.

3. Menggunakan hipnotis

Sobat bisa minta tolong ahli hipnoterapi yang berpengalaman untuk membantu sobat berhenti dari kebiasaan merokok. Sekarang sudah banyak ahli hipnoterapi yang bisa sobat manfaatkan  jasanya

4. Melakukan afirmasi pada diri sendiri terhadap rokok.

Sebagai contoh setiap pagi dan sore hari atau setiap kepingin merokok, lakukan beberapa afirmasi seperti misalnya rokok pahit, rokok bau, rokok mual, dsb. Jika afirmasi ini dilakukan secara teratur, saya yakin kebiasaan merokok sobat akan berkurang bahkan berhenti sama sekali.

5.Menghisap rokok secara bertahap

Ketika sobat merokok, idealnya satu batang rokok akan habis dalam hitungam menit. Sobat bisa mencoba tips yang satu ini, yaitu sisakan puntung rokok sampai setengahnya kemudian hisap lagi jika benar benar kepingin. Hal ini tidak akan langsung menghentikan kebiasaan merokok, namun setidaknya menciptakan suatu pola baru yang mengarah kepada berkurangmya kuantitas rokok yang sobat hisapsetiap harinya dengan harapan semakin berkurang dan terus berkurang sampai akhirnya berhenti sama sekali.

6. Cari kesibukan

Jika kita melakukan aktivitas, biasanya keinginan untuk merokok bisa sedikit berkurang dibandingkan ketika waktu menunggu atau diam. Cobalah melakukan aktivitas ringan atau melakukan gerakan gerakan ringan untuk melawan keinginan sobat untuk merokok

7. Ganti dengan camilan

Tips ini juga pernah saya lakukan ketika pertamakali berhenti merokok dan berhasil. Mengganti kesibukan mulut dari menghisap menjadi mengunyah, sehingga mulut yang biasanya 'sibuk' menghisap tidak serta merta menjadi diam, tapi tetap melakukan aktivitas baru dengan mengunyah camilan.

8. Kurangi minum kopi

Seorang perokok biasanya juga seorang pengopi. Ya, itulah pasangannya ada rokok ada kopi, apalagi jika kumpul kumpul sama teman di sore hari sambil bersantai, rokok dan kopi merupakan pelengkap yang sayang untuk dilewatkan. Tapi hal ini akan menjadi mimpi buruk bagi rokoker yang ingin berhenti merokok. Jadi untuk mengurangi keinginan untuk merokok, kurangilah pemicunya salah satunya adalah kopi.

9. Hindari merokok ketika saat yang paling ingin merokok

Sobat harus mengenali kapan saat yang paling ingin merokok. Kalau pengalaman penulis biasanya pada saat menunggu, sehabis makan, ketika minum kopi dan ketika hendak BAB.
Nah jika sobat ingin berhenti merokok, cobalah hindari merokok pada saat saat tersebut. Logikanya adalah ketika mampu menghadapi tantangan yang paling sulit disitulah kemenangan akan kita raih. Pada awalnya memang terasa sulit sebab tidak gampang mengubah kebiasaan buruk yang sudah menjadi kebiasaan sehari hari, tapi yakinlah bahwa segala usaha yang sobat lakukan pasti membuahkan hasil jika diusahakan dengan sungguh sungguh dan dengan niat yang kuat.

Saran saya, cobalah untuk berhenti secara bertahap dan jangan memaksakan diri untuk segera berhenti karena hal itu justru akan memberikan efek negatif berupa keinginan yang tertunda dan pada saatnya bukan hasil yang didapat tapi justru semakin parah. Penulis sndiri membutuhkan waktu lebih darti 1 bulan untuk benar benar berhenti. Dalam waktu satu bulan itu, saya tidak langsung berhenti tapi bertahap dengan cara menguranginya mulai dari 12 batang per hari kemudaian 10,8,6, dst sampai berhenti sama sekali.

Selamat mencoba semoga berhasil. luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

0 komentar:

Posting Komentar